Kamis, 05 November 2015

tips memilih tepung yang baik untuk roti dan kue

 7 Tips Memilih Tepung yang Baik dan Bermutu Untuk Membuat Kue


Caranya mudah kok. Berikut adalah tips memilih dan menjaga tepung sebagai bahan dasar kue :
1. Saat memilih tepung, Anda wajib memerhatikan warna tepung apakah warna pada tepung tersebut putih, bersih, tidak berbau dan tidak kering jika dipegang pastikan tepungnya tidak apek.
2. Kenali tepung yang akan anda gunakan misal anda akan menggunakan tepung terigu maka anda harus tahu jenis tepung terigu sebelum anda menggunakanya. Karena setiap jenis tepung mempunyai ciri ciri yang berbeda meskipun sepintas nampak sama. ada banyak jenis tepung dari mulai tepung beras tepung ketan tepung sagu gandum. Namun anda tak perlu menghapalnya. Penjual tepung pasti tahu, anda tinggal minta saja.
3. Pastikan bahwa jenis tepung yang digunakan telah sesuai dengan bahan membuat kue yang kita inginkan, Jangan sampai anda memasukan tepung yang salah saat membuat kue. Kecuali memang anda ingin berexperimen atau sekedar mencoba sesuatu yang baru.
4. Ada baiknya anda harus mengayak tepung lebih dahulu sebelum digunakan supaya kotoran pada tepung tidak ikut terbawa saat kita masak. Termasuk untuk memisahkan tepung yang berkutu dan belum apek. Tepung seperti ini masih bisa kita gunakan.
5. Menjemur tepung di bawah terik panas matahari atau menaruhnya pada menggunakan suhu oven yang kecil dapat mengatasi faktor kelembapan pada tepung agar tidak mudah apek.
6. Jangan lupa selalu menutup kantong tepung jika sudah digunakan.
7. Agar tidak berbau apek dan tahan lama, simpan tepung di dalam kulkas agar bebas dari kotoran dan sebagainya
Demikian Tips dalam memilih dan menjaga tepung yang bermutu untuk membuat aneka kue.

sumber: http://www.masakkue.com/2012/06/tepung-yang-baik.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar